• Jelajahi

    Copyright © Jawa Trend
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wanita Ini Meninggal Usai Kebanyakan Minum Air Putih, Alami Pembengkakan Otak

    , November 27, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T16:56:08Z
    Jawa Trend - Seorang wanita di Inggris, Michelle Whitehead (45) tewas setelah terlalu banyak minum air. Dua hari setelah menenggak air dalam jumlah amat banyak, ia mengalami koma, hingga kemudian meninggal dunia. Apa yang terjadi?

    "Seandainya mereka bertindak lebih awal, Michelle akan dibawa ke ICU dan diberi infus. Itu akan menyelamatkan hidupnya," ungkap suami dari Michelle, Michael Whitehead, dikutip dari New York Post, Minggu (26/11/2023). Seraya ia menjelaskan, dirinya menyalahkan pihak rumah sakit lantaran dinilainya terlambat memberikan penanganan kepada istrinya.


    Michelle disebut mengalami kondisi yang disebut polidipsia psikogenik, yang ditandai dengan asupan air berlebih dan sering dialami oleh pasien dengan gangguan kejiwaan atau gangguan perkembangan saraf. Mengingat sebelumnya, Michelle sempat dibawa ke Unit Kesehatan Mental Millbrook di Nottinghamshire pada 5 Mei 2021, setelah menderita gangguan mental.


    Namun saat Michelle dibawa ke rumah sakit, petugas medis tidak langsung mendiagnosis Michelle dengan polidipsia psikogenik. Juga mengacu pada investigasi, diketahui bahwa petugas medis sempat memberi Michelle obat penenang untuk tidur. Michelle pun kemudian koma, dan sempat tidak tidak disadari oleh para petugas medis hingga empat jam kemudian.


    Michelle sempat dipindahkan ke Rumah Sakit King's Mill. Di sanalah ia dinyatakan meninggal dunia karena kadar natrium yang rendah akibat minum air yang berlebihan. Asupan air yang berlebihan menyebabkan pembengkakan otak, hingga akhirnya memicu kematian.


    Ada Unsur Masalah Mental


    Penyelidikan lebih lanjut menyebut bahwa ada kemungkinan, kematian Michelle tidak terlepas dari kegagalan unit kesehatan mental. Unit kesehatan mental di tempat Michelle sempat dirawat, Nottinghamshire Healthcare NHS Foundation Trust, diminta untuk lebih mampu mendeteksi polidipsia psikogenik, agar kasus kematian serupa tak terulang di waktu mendatang.


    "Kami sedang mempertimbangkan temuan juri dan petugas koroner. Kami mengakui bahwa ada beberapa aspek layanan yang tidak berkualitas sebagaimana mestinya dan kami akan mengatasi kekhawatiran yang muncul sehingga pengalaman pasien saat ini dan di masa depan dapat ditingkatkan," ungkap CEO Nottinghamshire Healthcare NHS Foundation Trust, Ifti Majid.


    Dikutip dari laman BMJ Best Practice, polidipsia dipahami sebagai rasa haus yang berlebihan atau tidak normal, disertai dengan asupan air atau cairan dalam jumlah berlebihan.


    Polidipsia psikogenik (PPD) sebagaimana yang diidap oleh Michelle Whitehead juga dikenal sebagai polidipsia primer. Kondisi ini ditandai dengan asupan air yang berlebihan, seringkali dialami oleh pasien dengan gangguan kejiwaan atau gangguan perkembangan saraf.



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini