• Jelajahi

    Copyright © Jawa Trend
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Fakta Ikan Pari Jawa, Punah di Tahun 2023 Akibat Aktivitas Industri Manusia

    , December 27, 2023 WIB Last Updated 2023-12-27T13:25:22Z
    Jawa Trend - Ikan Pari Jawa yang sangat langka dinyatakan punah. Ikan dengan nama latin java stingaree ini punah karena ulah manusia. Ikan Pari Jawa dimasukkan Red List of Threatened Species atau Daftar Merah Spesies Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN).

    Punahnya Ikan Pari Jawa diumumkan pada KTT Iklim di Dubai, Uni Emirat Arab awal Desember. Mirisnya lagi, Ikan Pari Jawa super langka diketahui hanya berdasarkan satu spesimen yang dikumpulkan di pasar ikan Jakarta pada tahun 1862.


    "Hilangnya salah satu kerabat ikan pari ini menandai kepunahan pertama spesies ikan laut akibat aktivitas manusia," kata Kepala Unit Daftar Merah IUCN Craig Hilton-Taylor Ketua penilai Julia Constance, kandidat PhD di Charles Darwin University di Australia, mengungkapkan faktor utama punahnya Ikan Pari Jawa karena penangkapan ikan secara intensif dan tidak diatur. Belum lagi degradasi hingga hilangnya habitat pesisir akibat industrialisasi.


    Daftar Merah IUCN pada 1964 merupakan sumber daya terlengkap di dunia untuk menilai risiko kepunahan dan status spesies hewan, jamur, dan tumbuhan. Laporan ini memberikan data penting mengenai wilayah jelajah, populasi, habitat, ancaman, dan tindakan konservasi untuk pengambilan keputusan dan perubahan kebijakan.


    "Perubahan iklim merupakan ancaman terhadap keanekaragaman kehidupan di planet kita. Hari ini, kami membawa bukti dampak perubahan iklim terhadap perusakan alam terhadap spesies," kata Direktur Jenderal IUCN Gretel Aguilar.


    Meningkatnya Daftar Merah IUCN

    Jumlah spesies dalam Daftar Merah IUCN meningkat dari 150.388 menjadi 157.190. Di mana sebanyak 44.016 di antaranya dianggap berisiko punah. Spesies lain dalam daftar yang diperbarui termasuk penyu hijau, yang dikategorikan sebagai 'terancam punah' di Pasifik Selatan Tengah dan 'rentan' di Pasifik Timur.


    Terutama karena peningkatan suhu laut, peningkatan permukaan air yang menggenangi sarangnya, berkurangnya makanan, serta penyu hijau karena penyu dewasa sering menjadi korban penangkapan ikan sebagai tangkapan sampingan.


    Daftar merah tersebut juga menyoroti keberhasilan upaya konservasi. Seperti keberhasilan reintroduksi di Chad yang membuat kijang bertanduk pedang, yang telah berkembang dari 'punah di alam liar' menjadi 'terancam punah'.


    Juga kijang saiga yang sebelumnya 'sangat terancam punah' meningkat menjadi 'hampir terancam' setelah populasinya meningkat sebesar 1.100% hanya dalam tujuh tahun. Terutama di Kazakhstan, karena tindakan anti-perburuan liar yang ketat.


    Meski begitu, kedua spesies ini masih menghadapi ancaman perubahan iklim yang semakin besar di wilayah masing-masing. Kijang tersebut menghadapi peningkatan kekeringan di wilayah Sahel di Afrika, dan antelop yang mengalami 'kematian massal' pada 2015 akibat suhu dan kelembapan ekstrem.


    Spesies Ikan Terdampak Iklim

    Secara global, seperempat spesies ikan air tawar berisiko punah karena pemanasan suhu, penangkapan ikan berlebihan, dan polusi. Penilaian tersebut mencakup ikan lele raksasa Mekong di China yang sulit ditangkap


    Ikan ini populasinya berada di bawah tekanan karena pembangunan bendungan dan penangkapan ikan berlebihan di wilayah Mekong Bawah. Serta salmon Atlantik yang mengalami penurunan sebesar 23% antara 2006 hingga 2020.


    Perubahan iklim berdampak pada setidaknya 17% spesies ikan air tawar yang terancam punah, yang menyebabkan penurunan permukaan air, intrusi air laut ke sungai karena kenaikan permukaan laut, dan perubahan musim.


    "Perubahan iklim berinteraksi dengan ancaman-ancaman lain, dan biasanya ancaman-ancaman lain itulah yang mendorong spesies semakin terancam punah dan membuat mereka punah, bukan perubahan iklim itu sendiri,"kata Hilton-Taylor dari IUCN.


    Ancaman-ancaman ini termasuk polusi yang berdampak pada 57% ikan air tawar yang terancam punah, bendungan dan pengambilan air (45%), penangkapan ikan berlebihan yang mengancam (25%), serta spesies invasif dan penyakit yang merugikan (33%).


    "Ikan air tawar merupakan lebih dari separuh spesies ikan yang dikenal di dunia, suatu keanekaragaman yang tidak dapat dipahami mengingat ekosistem air tawar hanya mencakup 1% dari habitat perairan," kata salah satu ketua kelompok spesialis ikan air tawar IUCN Kathy Hughes.


    "Spesies yang beragam ini merupakan bagian integral dari ekosistem dan penting bagi ketahanannya. Hal ini penting bagi miliaran orang yang bergantung pada ekosistem air tawar dan jutaan orang yang bergantung pada perikanan," tambahnya.


    Penilaian ikan air tawar dikembangkan dengan masukan dari lebih 1.000 ilmuwan dari seluruh dunia dan kombinasi lebih dari 100 lokakarya baik secara tatap muka maupun online.


    "IUCN saat ini sedang menilai spesies air tawar di China. Apa yang kami temukan adalah adanya dampak besar akibat semua bendungan di sungai terhadap ikan air tawar, dan beberapa spesies dalam pembaruan ini mengalami penurunan status karena dampak tersebut terhadap aliran air akibat bendungan, seperti Tiga Ngarai," kata Hilton-Taylor.


    Dia memilih Baiji, seekor lumba-lumba sungai di China yang terdaftar sebagai lumba-lumba terancam punah sejak tahun 1996, karena apa yang terjadi pada sistem sungai tersebut.


    "Status Baiji, dikenal sebagai Dewi Pemandangan di Sungai Yangtze, tidak berubah, meskipun mungkin 'sudah punah', karena tidak ada orang yang pernah melihatnya lagi dalam waktu yang sangat lama," kata Hilton-Taylor.


    "Kami belum secara resmi menyatakan punah. Kami menambahkan berbagai upaya survei, termasuk survei visual dan akustik. Sejauh ini kami tak menemukan satu ekor pun dalam dua dekade terakhir. Tidak ada tanda apa pun. Sangat menyedihkan," tutupnya.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini