• Jelajahi

    Copyright © Jawa Trend
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Memfasilitasi Transformasi Digital dalam Dunia Konstruksi, Vastu Rancang Platform Digital Hub

    , December 13, 2023 WIB Last Updated 2023-12-13T12:42:20Z
    Jawa Trend – Industri konstruksi semakin berkembang seiring waktu, dan teknologi digital telah menjadi katalisator utama dalam transformasinya. Salah satu perkembangan signifikan adalah munculnya ‘digital hub’ yang berfungsi sebagai pusat integrasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kolaborasi dalam proyek kontruksi. Seperti yang disampaikan Fibra Reelianto, Co-Founder Vastu Chatra Asia pada acara Event Collaboration Vastu-Ivosights yang bertajuk “Transformasi Digital dalam industri Konstruksi: peluang dan Tantangan” pada Kamis (7/12).

    Acara yang berlangsung di Blok71 ini ini terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak. Di antaranya, b+a Bagas & Associates, PT CJ Trading, PT Mataram Paint Cat Kayu & Besi, Quadra, dan Titanium Sintered Stone. Hadir sebagai pembicara adalah tokoh-tokoh terkemuka dalam industri konstruksi, antara lain Ilya Fadjar Maharika (Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII), Tiyok Prasetyoadi (Direktur PDW Arsitek), Fibra Reelianto (Co-Founder Vastu Chatra Asia), dan Elga Yulwardian (CEO Ivosights).

    Pada kesempatan tersebut Fibra menjelaskan bagaimana peran digital hub dalam transformasi industri konstruksi di era digital. Dalam paparannya mengatakan, guna memfasilitasi transformasi digital dalam dunia konstruksi dan arsitektur, dia bersama rekannya Bagas D. Bawono telah merancang satu platform digital hub. Platform ini bertujuan untuk memudahkan kolaborasi, berbagi data, dan menyederhanakan penyampaian layanan melalui berbagai saluran dan perangkat. 

    Platform digital yang dikhususkan untuk arsitektur dan konstruksi ini, menawarkan fitur yang fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dan mempercepat penyebaran informasi mengenai teknologi terkini. Lebih lanjut, keberadaannya memudahkan kolaborasi di antara pemangku kepentingan, menjadi dasar yang kokoh untuk mencapai tujuan transformasi yang lebih responsif dan efisien dalam sektor konstruksi.
    “Dengan adanya kolaborasi ini dapat menjadi wadah untuk pertukaran ide dan pengalaman, bahkan mempercepat proses transformasi menuju konstruksi yang responsif, berkelanjutan, dan efisien,” kata Fibra.

    Meskipun manfaatnya besar, adopsi digital hub dalam industri konstruksi juga menghadapi beberapa tantangan, seperti keamanan data dan resistensi terhadap perubahan. Namun, dengan kesadaran akan potensi keuntungan jangka panjang, sektor konstruksi dapat mengatasi hambatan tersebut. Masa depan industri konstruksi pun akan lebih terintegrasi dan cerdas. Untuk itu, digital hub akan terus berkembang, memanfaatkan teknologi terbau, seperti kecerdasan buatan dan komputasi awan untuk memberikan solusi yang lebih canggih dan efisien. 

    Tentang Vastu
    Vastu merupakan platform yang telah dirancang dengan tujuan utama untuk memfasilitasi transformasi digital di dunia konstruksi dan arsitektur. Sebagai sebuah platform yang menghubungkan bisnis, pelanggan, dan mitra dalam ekosistem digital, Vastu mampu menciptakan kolaborasi yang efisien, memungkinkan berbagi data, dan menyampaikan layanan secara lancar melalui berbagai saluran dan perangkat. Dengan menjadi bagian dari ekosistem digital, Vastu Digital Hub membantu bisnis dalam berinovasi, mengoptimalkan, dan mengubah operasi mereka, menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

    Salah satu aspek unggulan dari Vastu adalah VASTU Community Apps, sebuah aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk menjadi 'rumah' bagi seluruh industri konstruksi dan arsitektur. Tujuannya adalah membantu pemangku kepentingan dalam berkolaborasi, membentuk ekosistem digital yang berkelanjutan, dan memberdayakan berbagai anggota komunitas. 

    Dengan fitur-fitur khusus seperti Articles, E-Learning & Certification, Events, Group & Chat, Market Place, Directory, Project Information, E-Catalog, Photo-Video Training, Market Info, Rank & Reputation, dan Gamification, platform Vastu Apps menyediakan berbagai sarana untuk mendukung pertukaran informasi, pembelajaran, dan pengembangan komunitas secara holistik. Ini mencakup segala aspek, mulai dari artikel, sertifikasi online, hingga berbagai event yang dapat diakses oleh seluruh anggota komunitas. 

    Sebagai tambahan, fitur seperti Group & Chat, Project Information, dan E-Catalog membantu memperkuat keterlibatan antara nggota komunitas, sementara Rank & Reputation serta sistem gamifikasi meningkatkan motivasi dan interaksi positif di dalam platform. Dengan demikian, Vastu Community Apps bukan hanya menjadi alat pendukung, tetapi juga menjadi katalisator untuk pertumbuhan dan kemajuan berkelanjutan di sektor konstruksi dan arsitektur.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini